STRUKTUR DAN FUNGSI BUNGA

Bunga

Bunga berfungsi sebagai organ reproduksi generatif. Struktur benga terdiri dari kelopak, mahkota, benang sari, dan putik. Pada tumbuhan dikotil, kelopakdan mahkota bunga berjumlah kelipatan 2, 4, dan 6. Sedangkan pada tumbuhan monokotil, kelopak dan mahkotabunga berjumlah kelipatan 3. berdasarkan bagian-bagian yang terdapat pada bunga, bungadibedakan menjadi 2 jenis, yaitu :
  • Bunga lengkap adalah mempunyai kelopak, mahkota, benang sari, dan putik.
  • Bunga tidak lengkap adalah jika salah satu bagian bunga tidak ada.
Bunga telanjang adalah bunga yang tidak memiliki perhiasan bunga. Bunga yang tidak mempunyai benang sari disebut bunga betina. Bunga yang tidak mempunyai putik disebut bunga jantan. Bunga yang mempunyai putik dan benang sari disebut bunga hermafrodit.
Berikut merupakan struktur bunga lenkap, yakni terdiri dari :

Kelopak (Calyx)

Kelopak adalah bagian hiasan bunga yang terdapat di lingkaran luar. Kelopak umumnya berwarna hijau. Fungsi kelopak adalah untuk selubung melindungi kuncup pada bunga yang belum mekar atau masih kuncup. Helaian penyusun kelopak bunga disebut sepal.

Mahkota Bunga (Corolla)

Mahkota adalah bagian hiasan bunga yang terdapat pada lingkaran dalam. Berbeda dengan kuncup, mahkota bunga memiliki warna yang beraneka ragam. Ada yang berwarna merah, ungu, putih, dan lain lain. Fungsi mahkota adalah untuk menarik serangga guna membantu proses penyerbuka. Helaian penyusun mahkota bunga disebut petal.

Alat Kelamin Jantan (Androecium)

Alat kelamin jantan terdiri dari sejumlah benang sari atau stamen. Alat kelamin jantan ini terletak di lapisan setelah mahkota bunga. Stamen mempunyai kepala sari atau anter yang terletak di ujung tangkai sari (filamen). Dalam kepala sari terdapat satu atau lebih ruang sari (teka) yang merupakan tempat terbentuknya serbuk sari (polen). Servuk sai ini kemudian disebut sebagai gamet jantan.

Alat Kelamin Betina (Gynoecium)

Alat kelamin betina atau putik mampu tersusun atas satu atau lebih daun buah. Bagian-bagian putik adalah sebagai berikut.
  • Bakal buah (ovarium) adalah termpat terdapatnya sel telur. Bakal buah (ovarium) terdapat pada dasar bunga (reseptakel) dan bentuknya menggelembung.
  • Tangkai putik (stilus) adalah suatu saluran sempit untuk dilalui oleh serbuk sari ketika pembuahan. Fungsi tangkai putik adalah untuk menyokong kepala putik.
  • Kepala putik (stigma) adalah bagian yang paling atas dari putik. Biasanya kepala putik lrngkrt dan berambut karena merupakan tempat melekatnya serbuk sari ketika penyerbukan.
Penyerbukan adalah peristiwa jatuhnya benang sari di atas kepala putik. Hal ini terjadi setelah putik dan benang sari dewasa. Setelah penyerbukan, dilanjutkan dengan pembuahan. Pembuahan adalah peleburan sel kelamin jantan dengan sel telur. Kemudian, bakal buah akan berkembang menjadi buah dan bakal biji akan menjadi biji. Biji inilah yang kemudian bila sudah besar akan ditanam lagi menjadi tumbuhan baru.

Komentar

Postingan Populer