STRUKTUR DAN FUNSI DAUN

Daun

Daun pada umumnya memiliki bentuk lebar dan pipih serta berwarna hijau. Bagian daun yang tipis dan melebar disebut dengan lembaran daun. Ada juga daun yang memiliki bentuk bulat, panjang, lancip, berbentuk seperti hati maupun duri. Pada lembaran daun terdapat tulang-tulang daun. Tumbuhan monokotil memiliki tulang daun yang berbentuk melengkung sejajar. Sedangkan tulang daun tumbuhan monokotil memiliki bentuk menyirip dan menjari.
Susunan daun terdiri atas daun tunggal dan daun majemuk. Daun yang di katakan daun tunggal adalah apabila pada suatu tangkai daun terdapat satu helai daun. Sedangkan daun majemuk merupakan daun yang apabila terdapat beberapa helai daun pada satu tangkai daun.
Struktur anatomi daun tersusun atas epidermis, mesofil, daan berkas pembuluh. Mari kita simak satu persatu bagian-bagian daun tersebut.

Epidermis

Pada umumnya lapisan epidermis daun terdiri atas selapis sel yang dinding selnya mengalami penebalan kutikula. Bagian daun yang satu ini terdapat di permukaan atas ataupun permukaan bawah.
Selain yang bersel satu, terdapat juga epidermis daun yang bersel banyak, misalnya terdapat pada tanaman Ficus, Nerium, dan Piper. Epidermis pada daun terdapat stomata atau celah atau pori yang diapit oleh dua sel penjaga. Fungsi dari stomata adalahh untuk tempat pertukaran gas. Stomata ini biasanya terletak pada kedia permukaan daun.

Mesofil

Mesofil terdapat pada bagian daun diantara epidermis atas dan bawah. Pada tubuhan dikotil, mesofil berdiferensiasi menjadi jaringan tiang atau palisade dan bunga karang atau spons. Jika pada tumbuhan monokotil, mesofil tidak berdiferensiasi dan memiliki bentuk seragam, sehingga tidak bisa membedakan antara jaringan palisade atau bunga karang.
Jaringan palisade terbentuk atas sel-sel palisade yang memiliki bentuk silindris panjang dan rapat seperti tiang. Pada sel-sel palisade terdapat banyak kloropas yang mengandung klorofil pada sel-sel palisade. Fotosintesis terjaid pada palisade. Di bawah jaringan palisade terdapat jaringan bunga karang. Adapun jaringan bunga karang terdiri atas sel-sel yang tidak teratur, berdinding tipis, dan ruang antarselnya besar, sehingga pertukaran dan penyimpanan gas bisa terjadi dengan mudah.

Berkas Pengangkut

Berkas pengangkut pada daun membentuk tulang daun. Dalam berkas pengangkut terdapat xilem dan floem yang terletak diantara jaringan bunga karang. Pada tumbuhan dikotil terdapat satu tulang daun dan bercabang-cabang membentuk jala, sedangkan pada tumbuhan monokotil, tulang daun sejajar dengan sumbu daun. Tulang daun berfungsi untuk mengangkut air dan garam mineral dari tanah (xilem) dan mengedarkan hasil fotosintesis dari daun ke selururh tubuh tumbuhan (floem).

Komentar

Postingan Populer